#AntiMiras Antara Menjaga Moral dan Omzet

#AntiMiras
Baru saja ku pergi ke sebuah minimarket jaringan nasional tuk membeli popok si mas yang dah habis, ketika itu juga aku ingat akan sebuah gerakan yang ada di salah satu sosial media yang keren dengan hashtag #AntiMiras. gerakan moral “penertiban” gerai2 minimarket yang menjual dan memajang minuman jenis khamr ini di area terbuka, tercampur dengan minuman2 yang sangat mungkin menjadi kesukaan anak2.
Tentu sebagai orang tua jadi merasa berpikir, bagaimana jika anak2ku nanti tanpa sepengetahuanku membeli minuman2 haram itu. Dengan sedikit rasa ingin tahu, ku bertanya pada seorang pegawai, kebetulan juga agak begitu kenal, mbak Tanti namanya.
“Mbak, itu minuman bir2 kok bisa dicampur dekat dengan minuman2 lain sih mbak?” tanyaku sambil nunjuk lemari pendingin.
“Oh.. itu sudah lebih tertutup malah mas, dulu kan di ruang terbuka” jawabnya.
“Lho, kan kalo nyampur gitu, anak2 bisa lihat mbak, kebijakan dari pusat ya?”
“Sebetulnya sih, kalau minimarket franchise, pemilik ga mau menjual dagangan tertentu sih juga gapapa.”
“Jadi gitu ya mbak?”
“Iya mas, dulu memang dah ada rencana mau distop, eh tapi malah ada yang pesen, akhirnya ya udah, begitulah.”
“Ooo… ya wis mbak, sik ya.” pamitku.
Jadi begitu ternyata, pemilik boleh menolak barang yang ga mau dijual. Aisi. Tapi pemilik juga boleh menerima tawaran permintaan konsumen. Fair enough.
Mungkin bagi sebagian orang, menjaga moral itu penting, dan bagi sebagian orang lainnya keuntungan itu lebih penting.
pecel city, sinambi momong bayi nglilir
Please follow and like us:

Kangen, Muntah, dan Nangis

mungkin aneh jika menggabungkan 3 hal tersebut. dan bagaimana ga enaknya jika 3 rasa itu digabung jadi satu. 
nangis

Kangen

jadi ceritanya begini, sore kemaren pas pulang si adek dah manggil manggil ayahnya padahal belum juga masuk rumah, buka pintu aja belum. istri tersayang (kurleb) berkata,
“yah, seharian adek manggil-manggil ayah terus lho, dikasihtau ayah kerja ga percaya, gara2 ga dipamitin kali”
waduh, maafin ayah yo le, gara2 buru2 sampe lupa ga pamitan ma kamu.

Muntah

nah, kalo yang ini mungkin agak malu2in bagi seorang pria dewasa berstatus K/2. jadi begini, hampir tengah malam terbangun gara2 denger suara si mas, nangis2 kecil. kutanya,
“pipik mas?”
“iyah” jawabnya pendek.
langsung gendong ke kamar mandi, krucuk2, pyok2, selesai. balik tidur. lalu mana muntahnya? 
jadi pas masih melekan, lamat2 tercium bau tidak sedap, cuek. tapi lama kelamaan kok semakin maknyus, kulirik si mas yg bobok di sampingku, walah bobo kok y sempet2e “nge-BOM”, namanya juga anak2, jangan dimarahi. kugendong lagi ke kamar mandi, pyuk2, krucuk2, selesai. tapi “BOM” di kasur belum dijinakkan, “terpaksa” kupanggil gegana, istriku. setelah semua aman, si mas bobok lagi, terima kasih cinta.
Nhaaa, pas Barca vs Madrid mau main, bau itu muncul lagi, dan ternyata si mas “nge-BOM” lagi, hobi banget ngebom malem2. tapi kali ini memakan korban, jadi setelah dievakuasi ke kamar mandi, buka detonator, dan kucoba menjinakkan, mak bum! MUNTAH.

Nangis

kalo yang ini tkp tadi pagi pas mau berangkat. belajar dari peristiwa kemaren, akhirnya si adek kupamiti, tapi malah nangis, ga mau ditinggal. ya udah gendong bentar. diem. pamitan lagi sambil dioper ke ibunya, nangis lagi. si mas juga gitu, bangun2 liat ayahnya yang ganteng mau berangkat, nangis juga. jadilah pagi tadi arena lomba nangis anak2. kalo ga nangis bukan anak2 namanya, hehe.
reog city
Please follow and like us:

Sekolah Mangkat Dewe

dadi kelingan jaman semono, isih cilik kiro2 umur 4 setengah taun, simbok ngejak aku budhal sekolah tk. jian koyo cah culun kae, biasane g tau adus isuk, dandan rapi, lha iki dandan klimis pupuran rambut sisiran belah pinggir, rapi pol!

mung ilustrasi

“meh dijak neng ngendi to iki?” ngono mungkin batinku wektu kuwi. cah cilik isinan, dijak lungo ning g ngerti ng ngendi, tapi tetep ae g wani tekok. isinan poll 

tapi sujune simbok njur ngandani, “dino iki awakmu sekolah tk yo le” kiro2 ngono kuwi ukarane. tk? sekolah sing ta’bayangke akeh dolanan, bandulan, plorodan, jajanan enak, kancane akeh, nyanyi bareng2 plus disangoni. tapi y kuwi jarene kudu sekolah mangkat dewe, ora usah diterke. koyo lagu sing sering dinyanyekne masku.

saiki aku wis gedhe… sekolah mangkat dewe..


ora usah dieterake… bareng karo kancane…


yen mlaku turut pinggiran… ora pareng gojekan..


ning ndalan akeh kendaraan mengko mundak tabrakan!

serem, cah cilik wis diancam diweden2i tabrakan, padahal dalan kampungku kuwi suepi banget, anane palingan mung pit onthel.

mbalik nang urusan mlebu sekolah, lah ternyata ning sekolah kuwi, tk pertiwi jenenge, yo wis akeh simbok2 liyo sing nggowo anak2e sing cilik2 yo podho pupuran, enek le ngganteng, ayu, umbelen yo enek, ning dudu aku 

sinambi simbok ngurus ndaftarke anake le ngganteng dewe, aku nunggu ro ngalamun, meneng neng pojokan, anteng. sawise beres, kabeh murid dikon mlebu, dikon lungguh rapi nang mejo kothak, lungguh muter wong 6 tekan 8, trus nyanyi2 g jelas kae, dan seterusnya..

tapi tiba2 ada yang aneh, lha kok endi mau simbokku, mau kan nang njobo kono? t’tolah toleh, ha kok tetep ae g ketok, padahal kan simbokku lemu. njur aku mikir, opo aku ditinggal dewe yo? mosok ditinggal sih, nak ilang ngko piye? yen diculik ngko piye?

banjur, aku kelingan lagu mau, sekolah mangkat dewe, hmmm… ternyata nang ngomah kon nyanyi lagu kuwi kie men iso sekolah ditinggal plus mangkat dewe to. dino pertama mlebu sekolah tk kok wis ditinggal, mulihe dewe ga enek le nggendong pisan, simbok…..

reog city, 26/02/2013

Please follow and like us: