27 February 2013

#AntiMiras Antara Menjaga Moral dan Omzet

- 2 comments
#AntiMiras
Baru saja ku pergi ke sebuah minimarket jaringan nasional tuk membeli popok si mas yang dah habis, ketika itu juga aku ingat akan sebuah gerakan yang ada di salah satu sosial media yang keren dengan hashtag #AntiMiras. gerakan moral "penertiban" gerai2 minimarket yang menjual dan memajang minuman jenis khamr ini di area terbuka, tercampur dengan minuman2 yang sangat mungkin menjadi kesukaan anak2.
Tentu sebagai orang tua jadi merasa berpikir, bagaimana jika anak2ku nanti tanpa sepengetahuanku membeli minuman2 haram itu. Dengan sedikit rasa ingin tahu, ku bertanya pada seorang pegawai, kebetulan juga agak begitu kenal, mbak Tanti namanya.
"Mbak, itu minuman bir2 kok bisa dicampur dekat dengan minuman2 lain sih mbak?" tanyaku sambil nunjuk lemari pendingin.
"Oh.. itu sudah lebih tertutup malah mas, dulu kan di ruang terbuka" jawabnya.
"Lho, kan kalo nyampur gitu, anak2 bisa lihat mbak, kebijakan dari pusat ya?"
"Sebetulnya sih, kalau minimarket franchise, pemilik ga mau menjual dagangan tertentu sih juga gapapa."
"Jadi gitu ya mbak?"
"Iya mas, dulu memang dah ada rencana mau distop, eh tapi malah ada yang pesen, akhirnya ya udah, begitulah."
"Ooo... ya wis mbak, sik ya." pamitku.
Jadi begitu ternyata, pemilik boleh menolak barang yang ga mau dijual. Aisi. Tapi pemilik juga boleh menerima tawaran permintaan konsumen. Fair enough.
Mungkin bagi sebagian orang, menjaga moral itu penting, dan bagi sebagian orang lainnya keuntungan itu lebih penting.

pecel city, sinambi momong bayi nglilir
[Continue reading...]

Kangen, Muntah, dan Nangis

- 0 comments
mungkin aneh jika menggabungkan 3 hal tersebut. dan bagaimana ga enaknya jika 3 rasa itu digabung jadi satu. 
nangis

Kangen

jadi ceritanya begini, sore kemaren pas pulang si adek dah manggil manggil ayahnya padahal belum juga masuk rumah, buka pintu aja belum. istri tersayang (kurleb) berkata,
"yah, seharian adek manggil-manggil ayah terus lho, dikasihtau ayah kerja ga percaya, gara2 ga dipamitin kali"
waduh, maafin ayah yo le, gara2 buru2 sampe lupa ga pamitan ma kamu.
[Continue reading...]

Sekolah Mangkat Dewe

- 2 comments
dadi kelingan jaman semono, isih cilik kiro2 umur 4 setengah taun, simbok ngejak aku budhal sekolah tk. jian koyo cah culun kae, biasane g tau adus isuk, dandan rapi, lha iki dandan klimis pupuran rambut sisiran belah pinggir, rapi pol!

mung ilustrasi

“meh dijak neng ngendi to iki?” ngono mungkin batinku wektu kuwi. cah cilik isinan, dijak lungo ning g ngerti ng ngendi, tapi tetep ae g wani tekok. isinan poll 

tapi sujune simbok njur ngandani, “dino iki awakmu sekolah tk yo le” kiro2 ngono kuwi ukarane. tk? sekolah sing ta’bayangke akeh dolanan, bandulan, plorodan, jajanan enak, kancane akeh, nyanyi bareng2 plus disangoni. tapi y kuwi jarene kudu sekolah mangkat dewe, ora usah diterke. koyo lagu sing sering dinyanyekne masku.

saiki aku wis gedhe… sekolah mangkat dewe..

ora usah dieterake… bareng karo kancane…

yen mlaku turut pinggiran… ora pareng gojekan..

ning ndalan akeh kendaraan mengko mundak tabrakan!
[Continue reading...]
 
Copyright © . Margondes.com - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger